Selamat Jalan, Alexander McQueen

Minggu, 07 Februari 2010


Desainer asal Inggris, Alexander McQueen yang kreasinya banyak dikagumi, ditemukan meninggal di rumahnya, Kamis (10/02/2010). Karya-karyanya banyak dikoleksi oleh selebriti-selebriti kenamaan, seperti Sarah Jessica Parker, Rihanna, dan Lady Gaga. Koleksinya McQueen terkenal karena gayanya yang nyentrik dan ekstrem.

Seperti dikutip dari The New York Times, desainer yang berusia 40 tahun ini ditemukan meninggal dengan keadaan tergantung. Ditengarai ia bunuh diri. Kematiannya ini hanya berselang 9 hari sejak kematian ibunya yang terjadi pada 2 Februari lalu. Kerabat McQueen memperkirakan kejadian tersebut membuatnya sangat tertekan. Namun, kepala komunikasi perusahaannya, Samantha Garrett, belum berani mengeluarkan pernyataan resminya.

McQueen dikenal atas desain-desainnya yang dramatik dan luar biasa. Pada tahun 2003, McQueen mendapatkan penghargaan dari Ratu Elizabeth II, ketika itu ia mendapatkan kehormatan dengan diberi julukan Commander of the British Empire karena kemampuannya mendesain pakaian.

Anna Wintour, pemimpin redaksi majalah VOGUE Amerika, menjuluki McQueen sebagai "Salah satu bakat terbesar di generasinya". Kreasinya dengan sangat luar biasa, penuh eksperimen. Ia bisa mencampurkan desain kain dengan teknologi, bergaya gotik, namun tidak meninggalkan kesan estetika, kemudian dibungkus dengan performa yang maksimal di tiap peragaan busananya.

Sekali waktu, ia pernah menampilkan serigala pada peragaan busananya untuk memberikan kesan hidup pada tema Little Red Riding Hood, kali lain ia bisa membawa tulang hewan ke atas panggung, atau bahkan menggunakan make up yang sangat ekstrem pada wajah para modelnya. Uniknya, meski terkesan aneh dan kadang membuat penontonnya mengerutkan dahi, tontonan yang ia berikan selalu menjadi highlight yang ditunggu-tunggu setiap pekan mode tiba.

Ia menjadi kepala desainer rumah mode Givenchy sejak tahun 1996 hingga 2001, kemudian pindah ke perusahaan rivalnya, Gucci. McQueen merupakan salah satu desainer termuda yang mendapatkan titel British Designer of the Year, titel yang ia dapatkan selama 4 kali dari tahun 1996-2003. Ia juga pernah diberikan penghargaan sebagai International Designer of the Year di tahun 2003, di Council of Fashion Designer Awards.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Browse